WeLcome

Welcome To our blog....enjoy to this blog....


The NEWEST from us

The NEWEST from us
uLtah buLun & iNa

16 Januari 2009

Gak Konsentrasi? Senam Otak yuukk..

Di pagi yang gerimis, seorang aktivis mahasiswa, tergopoh-gopoh mendatangi student center di kampusnya. Tepatnya pukul 09.00wib akan dimulai rapat bidang dengan teman-teman seperjuangannya. Namun, belum ada satupun teman yang hadir di ruangan tersebut, padahal waktu telah menunjukan pukul 09.15 wib. Tak lama ia memutuskan untuk menelepon ketua departemen yang akan memimpin rapat.
“bet, lu ada dimana? Gw dah ada di kampus neh”ujar sang aktivis.
“loh kamu emang gak baca sms aku yang semalem?rapatnya diundur besok fit” sang ketua menjawab
Seketika itu juga sang mahasiswa mematikan telepon dan melihat sms dari ketuanya yang padahal telah dia baca tadi malam. Ternyata benar, rapat yang akan dia hadiri ternyata dimulai besok, bukan hari ini.

Hal diatas tidak sepatutnya terjadi jika sang mahasiswa betul-betul berkonsentrasi membaca smsnya. Konsentrasi merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan kegiatan apapun. Tanpa disertai konsentrasi, maka banyak hal yang akan luput dari perhatian kita, sehingga pekerjaan pun tidak akan maksimal. Aktivitas konsentrasi dilakukan oleh otak, kinerja otak yang baik berbanding lurus dengan peningkatan konsentrasi. banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak dan konsentrasi, diantaranya yaitu dengan senam otak.

Pada awalnya senam otak digunakan untuk membantu anak-anak yang bermasalah seperti hiperaktif dan hiperkinetis, karena diyakini gerakan-gerakan tertentu dapat mempengaruhi otak. seiring dengan penelitian dan perkembangannya, senam otak atau brain gym, ternyata memiliki manfaat yang lebih banyak diantaranya yaitu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Salah satu dari banyak gerakan senam otak yaitu disebut dengan tombol bumi. Pelaksanaan dari tombol bumi yaitu: ujung salah satu tangan menyentuh bawah bibir, ujung jari lainnya di pinggir atas tulang kemaluan (15 cm di bawah pusar). Di sentuh selama 30 detik atau 4-6 kali tarikan napas penuh.
Gerakan diatas dapat berguan untuk meningkatkan koordinasi dan konsentrasi, dan mengurangi kelelahan mental.

Keuntungan memilih senam otak sebagai alternatif untuk meningkatkan konsentrasi yaitu karena senam otak mudah dilakukan, dapat dilakukan dimana saja, serta tidak memerlukan alat khusus apapun dan juga murah.

sumber:
http://www2.kompas.com/kompas-cetak/0102/04/KELUARGA/sena21.htm
http://muslimsejati.blog.friendster.com/2008/10/apakah-kamu-tahu-senam-otak/
http://www.suarasurabaya.net/v05/kelanakota/?id=401adcc1981f7ed8bc52eefc6f19e017200857865

Tidak ada komentar:

Here We Are

Here We Are